Senin, 06 Februari 2017

HIK Tou San


Prologue
Sebagai pelajar tingkat atas yang disebut mahasiswa, gue juga suka mencari tempat makan yang murah, kadang bisa warteg dan warung makan lain yang pokoknya iritlah. Kalau ada duit lebih kadang bolehlah pergi  ke tempat masakan padang. Tetapi, malam ini gw cuma bawa duit lima ribu di dompet dan saat ini gua laper.

Oh iya kalau dipikir-pikir dengan duit yang cuma lima rebu ini apa bisa gua malam ini makan? Mau coba beli nasi goreng bisa gak ya dapet setengah porsi? Ahhh gua pusing mikirin tentang masalah perut dengan duit segini. Bukanya gua boros tapi memang ini lagi akhir bulan dan biasanya orang tua gue akan kirim duit bulanan tanggal satu atau dua. Tapi ya mungkin gua harus beli mie lagi kali yak daripada laper lumayan itung-itung dapet dua bungkus.

Gua mulai mencari warung kelontong terdekat untuk beli mie, walaupun tadinya ada niat beli mie bungkus di minimarket sambil sapa tau aja bisa godain mbak-mbak kasir. Tapi, gua tahan aja, tengsin gua masa minimarket cuma beli mie dua bungkus doang.

Di saat gua udah nemu warung. Nah, tiba-tiba gua dengar lagu yang gak asing di telinga gua dan lagu suka sering jadi playlist favorit gue dari ost anime pembuka dari seri meccha favorit gua yaitu: Mobile Suit Gundam  Iron Blooded Orphan.

“Anjir malem-malem puter lagu raise your flag dari Man With A Mission .”

Saking semgangatnya denger tu lagu gue sampe ngomong sendiri. Terus gua penasaran dan mulai cari asal suara tu lagu yang bikin gua rada seneng juga sih karena jarang-jarang hari gini muter lagu jepang.
Pas gua mulai cari gua lihat dari kejauhan ada gerobak di pinggir jalan deket pohon beringin. Dan gue liat keliatannya sepi banget. Gua mulai ragu untuk nyamperin tu gerobak yang muterin lagu raise your flag. Pasalnya, karena sepi padahal walaupun daerah pinggiran kota kalau jam sepuluh harusnya rada rame tapi ini rada sepi banget.

Anjritt gua samperin kagakya? Gua mulai binggung tapi di saat gua binggung gua mencium bau nasi yang wangi dan kayak nasi campur ikan gitu. Gua mulai gak peduli tentang rasa takut dan gelisah gue tanpa sadar kaki gue mulai jalan sendiri ke tempat gerobak itu. 

Eh buset dah badan udah kayak robot bisa jalan sendiri begini. Tiba-tiba gue udah mulai duduk di kursi dan mata gue terbelalak liat banyak makan di meja kayak aneka gorengan tempe, tahu, bakwan dsb, juga usus, jeroan yang disate dan masih banyak lagi.

Tanpa babibu gue langsung tanya berapa harga nasi yang ada di depan meja gua.

“Bang itu nasinya yang dibungkusin berapa?”

“Oh itu dua ribu aja dek, oh iya tolong jangan panggil saya bang, saya gak begitu suka dengernya.”

“Ehh... kalau ane gak boleh manggil bang terus ane harus manggil apa om, mas, bro atau apa nie?”

“Oh panggil saja nama saya Jono atau Satou, tapi kalau manggil nama saya mohon pake honorific ya kayak san gitu.”

“Hahaha... serius bang ane suruh manggil gitu eh sorry maksud ane Jono san gitu tapi rada ambigu.”

“Iya biasain aja dulu, aku gak suka dengan panggilan bang gitu.”

“Oke, oke, woles ane bakal manggil Jono san mulai sekarang tapi kalau Jono rasanya aneh gimana kalau Satou san aja bisa gak?”

“Hmm gitu juga boleh.”

“Ngomong-ngomong nie Satou san emang ente dari jepang ya? kok namanya Jepang banget sih.”
“Bisa dikata begitu kalau saya berasal dari Jepang.”

“Maaf ni ye Satou san, ente dari jepang tapi muka indo banget malah gak keliatan Jepangnya malah muka ndeso gitu walaupun ente rada putih sih emang, maaf nie yak Satou san bukan maksudnya menghina nie.”

“Hahaha... ya gak apa-apa sih mas santai saja memang saya orang Jawa, bapak saya orang solo asli, ibu saya jepang tinggal daerah kumamoto sana.”

“Ooh ternyata ente anak blasteran rupanya, pantes rada aneh aja kok kayaknya kental banget nuansa Jepang di gerobak ini.”

Bussett dah tanpa gue sadar tiba-tiba gua udah ngomong panjang lebar gini sama ownernya ni HIK. Gue baru tau kalau daerah sini dibuka HIK kaya gini.

“Satou san ane mau tanya ente baru buka HIK dimari ya?”

“Hmm iya sih baru satu minggu, oh iya ngomong nama kamu siapa ya?”

Eeiit sebelum gue jawab pertanyaan si Satou san gue mau buka nasi bungkus ini dulu perut gue dah laper keroncongan.

“Name ane Ridho bang, eh salah Satou san. Nyam.nyam,nyam.”

“Hahaha, gimana dho enak gak nasi kucingnya.”

“Oh jadi ini namanya nasi kucing ya, enak juga Satou san kebetulan gue lagi laper.”

“Haha lanjut deh makannya.”

“Ngomong-ngomong nie gorengan yang ada dimari seribu kan hargana?

“Ya, semuanya seribu kok.”

“Jadi nie usus, sama jeroan nya juga seribu ya?”

“Enak aja kamu, tapi ya ambil satu aja saya kasih gratis deh.”

“Wah thanks Satou san, lumayan kenyang dah nie.”

Sepertinya malem ini adalah malem yang beruntung bagi gue, cuma dengan lima ribu dah kenyang deh malem ini. Hmm gak kerasa udah mau jam sebelas aja waktunya gue cao dari sini dah, nyiapin besok materi buat kuliah sama tugas-tugas kelompok.

“Satou san nasi dua sama gorengan 1 semuannya lima ribu kan.”

“Ya tapi, kamu tadi makan usus jeroan satu kan.”

“Ehh, bukanya tadi Satou san bilang gratis.”

“heheh iya gratis, gratis, tadi cuma mau bercanda doang.”

“Waduh jangan nakutin, gitu dong Tou san.”

“Tou san?”

“Ya ribet kalau manggil satou, satou gitu disingkat aja gak apa-apa kan Tousan?”

“Hmm boleh juga dari satou menjadi ayah hahaha.”

“Ini duitnya Tousan.”

“Wah makasih ya, eh dho ini ambil aja gorengan nya dua lagi gratis kok.”

“Eh, yang bener lucky, wah thanks banget ni Tousan sekali lagi.”

“Oke sama-sama, sering –sering mampir sini ya.”

“Oke, itu dah pasti ane bakal mampir sini lagi.”

Gue langsung berdiri dan segera cabut dari HIK nya Tousan. Yah malem-malem begini ada aja rejeki kalau gak males nyari bisa balik pulang sambil ngemil gorengan bener-bener berkahlah buat gue. Gue bakal balik sini lagi kalau perut gua laper malem-malem.
END
Footnote
HIK: Hidangan istimewa Kampung
San: Honorific atau gelar seperti mas untuk orang jepang
Sebenarnya saya  mau menambahkan lebih banyak lagi catatan kaki dalam tulisan yang menggunakan kata tidak baku, tapi saya rasa tidak perlu karena saya tahu pasti kalian sudah mengerti dan paham akan bahasa-bahasa yang tidak baku yang sering digunakan di sosial media dan kaskus.

 Ini hanya prologue untuk cerita minggu depan karena mengambil tema berurusan dengan obrolan Jepang sangat susah mencari temanya. Jadi saya mengambil tema lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar